085931111232 lpm@uinmataram.ac.id

Berita LPM: Kegiatan Pendampingan Akreditasi Program Studi UIN Mataram dilaksanakan pada tanggal 09 sampai dengan 10 juni 2021. kegiatan tersebut diisi oleh narasumber dari Politeknik POS Indonsia Saepudin Nirwan, S.Kom., M.Kom.

Pembukaan acara kegiatan pendampingan disampaikan oleh ketua LPM UIN Mataram Dr. Winengan, M.Si. dan sebagai Keynote Speaker diisi oleh Bapak Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Mutawali, M.Ag.

Dalam acara pendampingan tersebut narasumber menekankan beberapa poin terkait teknis akreditasi antara lain:

  1. Dalam penyusunan borang perlu ditonjolkan ciri khas dari program studi tersebut. Prodi memiliki sesuatu yang unik dan beda dengan program studi yang sama di universitas lainnya. Misalnya prodi tadris kimia UIN Mataram dengan prodi pendidikan kimia Unram.
  2. Prodi yang memiliki nilai akreditasi yang maksimal akan menjadi rujukan oleh masyarkat dalam menuntul ilmu sehingga akan banyak mahasiswa yang akan mendaftar diprodi tersebut.
  3. DTPS merupakan seluruh dosen yang mengajar pada program studi tersebut sehingga DTPS tidak hanya merupakan dosen Homebase tetapi bisa saja dosen dari prodi lain yang mengajar di prodi yang diakreditasi.
  4. Kinerja dari dosen DTPS ditampilkan dalam penyusnan borang.
  5. Setiap penyusunan borang mengacu pada SWOT
  6. Pada standar penilitian disesuai dengan standar penilitan yang telah ditetapkan baik penelitian kompetisi maupun mandiri.